Penumpang KRL Meningkat 33% Pada Masa Libur Lebaran Tahun 2015

on .

Stasiun Jakarta Kota


Stasiun Bogor


PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) selaku operator yang menangani KRL Commuter Line terus melakukan perbaikan pelayanan dalam masa angkutan Lebaran tahun 2015 ini. Pembenahan dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KRL selama musim libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini. 

“Kami telah mengantisipasi bertambahnya jumlah penumpang di sejumlah stasiun selama musim libur lebaran tahun ini. Upaya yang kami lakukan adalah dengan menambah jumlah loket, mengerahkan lebih banyak petugas, dan mengatur pergerakan penumpang di stasiun,” ungkap Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila.

Pada  dua hari sebelum Lebaran tahun 2015, PT KCJ mencatat peningkatan 69 % jumlah penumpang KRL dibandingkan H-2 Lebaran tahun 2014. Peningkatan ini salah satunya karena banyaknya pengguna jasa KRL yang berbelanja di pusat perbelanjaan sekitar stasiun, antara lain Pasar Tanah Abang. Sementara itu, pada Minggu 19 Juli, atau satu hari setelah Lebaran juga terjadi peningkatan 29% jumlah penumpang KRL dibandingkan dengan H+1 Lebaran tahun sebelumnya. Volume penumpang tertinggi terjadi di Stasiun Bogor dan Stasiun Jakarta Kota. Untuk Stasiun Bogor jumlah penumpangnya mencapai 148.000 penumpang pada Minggu 19 Juli 2015. Sebagian besar dari jumlah tersebut adalah penumpang yang berwisata dan bersilaturahmi bersama keluarga.

“Meskipun jumlah penumpang tumbuh signifikan dibanding masa Lebaran tahun lalu, namun situasi di sejumlah stasiun yang padat penumpang misalnya Bogor, Jakarta Kota, dan Bekasi tetap kondusif. Operasional KRL juga berjalan lancar dan aman,“ pungkas Fadhil. Secara umum hingga H+3 masa angkutan lebaran tahun ini, pertumbuhan penumpang adalah 33% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada kurun waktu tiga hari sebelum Lebaran hingga tiga hari setelah Lebaran tersebut, PT KCJ telah melayani lebih dari 4,5 juta penumpang KRL. sejumlah evaluasi akan terus dilakukan untuk peningkatan pelayanan.

PT KCJ Tambah Perjalanan KRL Lintas Tangerang

on .

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai Rabu, 8 Juli 2015 menambah jumlah perjalanan lintas Tangerang yang semula 88 perjalanan menjadi 90 perjalanan KRL per hari.

Penambahan tersebut dilayani dengan KA 2101 dengan relasi Tangerang-Duri yang berangkat dari Tangerang pukul 05.00 dan KA 2224 dengan relasi Duri-Tangerang yang berangkat dari Duri pukul 21.15.

Juni 2015 Tiga Puluh Unit KRL Tiba Di PelabuhanTanjung Priok

on .

Jumlah pengguna KRL Jabodetabek pada 15 Juni 2015 lalu mencatat rekor baru, yaitu 914.840 pengguna dalam sehari. Pertumbuhan jumlah penumpang ini sudah melampaui target, dimana pada 2015 jumlah penumpang ditargetkan mencapai sekitar 800.000 per harinya. Untuk mengakomodir peningkatan pengguna jasa tersebut, tahun ini PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menambah sarana KRL dengan membeli 120 unit sarana KRL dari Jepang.

Untuk tahap pertama, 30 unit krl rencananya akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Senin, 29 Juni 2015. Selanjutnya akan terus didatangkan secara bertahap sampai dengan bulan September 2015.

Menurut Direktur Utama PT KCJ, M N Fadhila, selain penambahan sarana untuk peningkatan pelayanan PT KCJ juga terus memperbaiki metode perawatan sarana, penyediaan suku cadang, dan perbaikan KRL. Sepanjang tahun2014 lalu jumlah gangguan sarana KRL mampu diturunkan hingga 46,61%.

Trend tersebut berlanjut sepanjang tahun ini, jika dibandingkan dengan bulan januari 2015, pada Juni 2015 jumlah gangguan krl yang disebabkan karena sarana berkurang hingga 58,9 %.

PT KCJ akan terus menambah jumlah sarana KRL hingga mencapai 1450 unit pada tahun 2019 mendatang. Jumlah iniadalah kekuatan sarana yang diperlukan untuk mencapai target melayani 1,2 juta penumpang pada awal tahun 2019.

Dirut PT KAI, Dirut PT KCJ Dan Gubernur DKI Naik KRL Tematik Edisi Museum Pada Minggu 21 Juni 2015 Dari St Jakarta Kota

on .

PT KCJ bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut memeriahkan HUT ke-488 DKI Jakarta dengan menghadirkan kereta tematik edisi museum transportasi Jakarta. Melalui kereta yang hadir dengan konsep kereta pintar ini, para pengguna KRL dapat menggunakan kereta sekaligus menambah wawasan mengenai berbagai jenis transportasi yang pernah beroperasi di Ibu Kota.