1 APRIL 2013 PEMBERLAKUAN JADWAL BARU PERJALANAN KA

Mulai 1 April 2013, jadwal baru perjalanan KA akan diberlakukan PT KAI (Persero). Perubahan jadwal ini ditetapkan dengan surat dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dengan surat no. KA/407/SK.26/DJKA/2/13 tanggal 25 Februari 2013 tentang pelaksanaan Gapeka tahun 2013 yang berlaku mulai 1 April 2013.

Perubahan Grafik Perjalanan KA (GAPEKA) bukan hal yang baru bagi PT KAI (Persero). Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan perubahan jadwal perjalanan KA misalnya : penambahan jumlah perjalanan KA, perubahan waktu tempuh perjalanan KA, perpanjangan relasi perjalanan KA, pemanfaatan jalur baru, sebagai upaya memenuhi keinginan pasar supaya jadwal KA dapat sinergi dengan moda transportasi lainnya. Tentunya perubahan tersebut memprioritaskan faktor keselamatan.

Setelah dievaluasi, Jadwal Perjalanan KA yang nmerupakan GAPEKA th 2011 berlaku sejak 1 Desember 2011 sampai maret 2013 perlu disempurnakan, khususnya dalam hal pengendalian KA. Ini karena kualitas sarana yang semakin baik, berkurangnya tingkat gangguan sarana dan kuantitas/jumlah prasaran dan saran yang beroperasi bertambah

Dikatakan Direktur Komersial PT KAI (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito, bahwa pergantian Jadwal Perjalanan KA adalah hal yang biasa, disesuaikan dengan perkembangan perusahaan yang terus meningkat. Jumlah KA yang beroperasi pada GAPEKA tahun 2013 baik KA penumpang maupun KA barang lebih banyak dibanding tahun 2011. KA Ekonomi AC misalnya tahun 2011 hanya 2 KA menjadi 10 KA, KRD Patas semula 64 menjadi 80 KA perjalanan KRL semula 46 loop menjadi 48 loop, selain itu khusus untuk Divre I Sumatera Utara tahun ini terdapat penambahan 26 KA Bandara Kualanamu.

Khusus angkutan barang, tahun ini menunjukan peningkatan signifikan. Pada GAPEKA tahun 2011 hanya dioperasikan 82 KA tapi untuk GAPEKA tahun ini KA barang yang beroperasi sebanyak 140 KA meningkat lebih dari 50%. Peningkatan ini terutama terjadi pada KA pengangkutan petikemas, angkutan semen, BBM dan batubara.

Terkait pemberlakuan Jadwal baru Perjalanan KA yang berlaku 1 April 2013, Direktur Operasi PT KAI (Persero) A Herlianto mengatakan, bahwa waktu tempuh hampir semua KA penumpang lebih cepat beberapa menit namun ada beberapa KA yang sengaja dilambatkan 15 menit untuk pengaturan persilangan. “Yang paling urgent untuk pergantian jadwal KA ini adalah untuk meningkatkan derajat keselamatan, keamanan dan kelancaran operasi kereta api di Jawa dan Sumatera. Kami mohon do’a restu kepada seluruh masyarakat supaya dengan pemberlakuan GAPEKA baru ini, perjalanan KA ini bisa sukses dan selamat,” harap Direktur Operasi.

Adapun beberapa faktor yang mendasari perubahan GAPEKA saat ini adalah :

  1. Adanya pengaturan pertemuan KA-KA di lintas Yogyakarta-Kutoarjo, Purwokerto-Prupuk dan Tegal-Pekalongan sehingga selisih waktu perjalanan beberapa KA lebih cepat beberapa menit.
  2. Pemanfaatan jalur ganda lintas Purwokerto-Prupuk, lintas Pekalongan –Larangan dan lintas Serpong – Parungpanjang serta perpanjangan sebagian relasi KRL ke Stasiun Maja.
  3. Perpanjangan relasi yaitu KA Harina yang semula Bandung-Semarang Tawang menjadi Bandung-Surabaya Pasar Turi, serta pola operasi KRL yang semula hanya 46 loop menjadi 48 loop.
  4. Meningkatkan jumlah KA barang yang dioperasikan baik KA peti kemas, KA barang pengangkut pupuk, KA barang pengangkut semen maupun pengangkut batubara di Jawa maupun Sumatera.

Khusus untuk Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara pada GAPEKA 2013 ini mengalami perubahan yang signifikan karena dioperasikannya 26 KA Bandara Kualanamu.

Untuk jadwal keberangkatan maupun kedatangan KA, GAPEKA tahun 2013 secara keseluruhan tidak jauh beda. Namun ada beberapa perubahan yang perlu diketaui oleh pengguna jasa KA, antara lain keberangkatan KA Bangunkarta semula berangkat dari stasiun Pasar Senin dirubah menjadi Stasiun Gambir, Kemudian KA Bengawan dan KA Brantas semula berawal dari Stasiun Tanah Abang menjadi Stasiun Tanjung Priok. Selaun itu KA Harina yang semula hanya melayani relasi Bandung- Semarang PP menjadi Bandung – Semarang – Surabaya Pasar Turi PP.

Perhatian manajemen PT.KAI (Persero) terhadap layanan Ekonomi juga cukup besar. Ini dibuktikan dengan waktu tempuh perjalanan KA-KA Ekonomi yang rata-rata lebih cepat 80 Menit dibanding jadwal perjalanan KA Tahun 2011.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan PT KAI (Persero) tetap konsisten menjalankan kebijakan – kebijakan yang sudah ditetapkan. Pertama sistem Boarding, yakni ketentuan hanya penumpang yang bertiket yang diijinkan masuk ke dalam peron (maks satu jam) sebelum KA berangkat. Kedua, pemberlakuan pembatasan kapasitas angkut maksimal 100% untuk semua KA jarak jauh dan KA jarak menengah tertentu. Ketiga, pembelian tiket KA kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi AC dan Non AC dapat dilakukan 90 Hari sebelum keberangkatan (H-90) melalui kantor pos, agen tiket KA, Indomaret, Alfamart, Railcard & Railbox, Fastpay, Contact Center 121, dan Internet Reservasi. Pembelian Tiket melalu internet reservasi yaitu www.kereta-api.co.id, www.tiket.com, www.tiketkai.com, calon penumpang dimanjakan karena dapat memilih tempat duduk sendiri sesuai keinginan. Selain itu larangan merokok di dalam kereta tetap menjadi komitmen kami, demi terciptanya kenyamanan penumpang KA.