Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan. Virus ini merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Virus yang berasal dari Cina ini telah menelan banyak korban jiwa. Berbagai negara telah mengantisipasi masuknya virus ini ke wilayahnya masing-masing, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, upaya antisipasi masuknya virus tersebut sudah dilakukan diantaranya melalui sosialisasi dan edukasi. Salah satu upaya yang dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) yaitu dengan melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan bahaya virus Corona yang dilakukan serentak pada Senin (3/2) di tiga stasiun yaitu Stasiun Bogor, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang.

Di stasiun tersebut, petugas kesehatan PT KCI bersama-sama melakukan sosialisasi dan edukasi dengan cara membagi-bagikan masker secara gratis, edukasi cara mencuci tangan yang bersih, serta etika batuk di tempat umum. Sementara di 28 stasiun lainnya antara lain Stasiun Jakarta Kota, Gondangdia, Cikini, Manggarai, Tebet, Pasar Minggu, Lenteng Agung, Pondok Cina, Depok Baru, Depok, Bojong Gede, Cikarang, Telaga Murni, Bekasi Timur, Bekasi, Cakung, Klender, Sudirman, Duri, Kampung Bandan, Tangerang, Kebayoran, Sudimara, Cisauk, Maja, Serpong, Parungpanjang, dan Rangkasbitung dilakukan pembagian masker secara gratis.

“Sebagai moda transportasi publik, PT KCI ikut peduli terhadap pencegahan bahaya virus Corona. Kami lakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan dengan cara pembagian masker, edukasi cara mencuci tangan yang bersih, etika batuk di tempat umum, dan pemasangan media sosialisasi di seluruh stasiun,” ungkap VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba.

Tak hanya itu, bagi para pengguna jasa KRL yang mempunyai keluhan kesehatan dapat juga mengunjungi pos kesehatan yang tersebar di 31 stasiun. Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kepada pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan. Apabila keluhannya berat, petugas kesehatan akan mendampingi hingga mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat.