Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 ini, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) memperingati dengan sangat sederhana ditengah pandemi Covid-19. Sesuai tema yang diusung “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”, PT KCI mengajak pengguna KRL untuk disiplin dan gotong royong menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Rangkaian kegiatan diawali pada Minggu (31/5) dengan membagi-bagikan suvenir menarik kepada pengguna KRL di Stasiun Tanah Abang. Suvenir ini diberikan langsung oleh Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti kepada pengguna KRL yang sudah menggunakan masker dan disiplin dengan mengikuti marka untuk jaga jarak. Pada hari yang sama Wiwik juga menyemangati para frontliner yang tetap bekerja melayani masyarakat pada masa pandemi ini yaitu petugas kebersihan stasiun, petugas keamanan stasiun, dan anggota TNI/Polri yang diperbantukan untuk menjaga ketertiban di stasiun.

Kegiatan dilanjutkan pada Senin (1/6) dengan mengajak pengguna KRL yang berada di stasiun maupun di dalam KRL untuk mengheningkan cipta bertepatan dengan waktu upacara daring nasional. Upacara kenaikan bendera juga dilakukan di halaman Kantor Pusat PT KCI dengan peserta yang terbatas dan tetap menerapkan physical distancing.

Selain itu, PT KCI juga mengajak para pengguna sosial media, khususnya instagram untuk mengikuti photo competition #PatriotPancasilaLawanCovid19 di instagram @commuterline dengan mengabadikan foto yang sudah bersama-sama taat aturan menggunakan KRL selama pandemi. PT KCI menyiapkan 10 hadiah menarik bagi 10 pemenang dengan foto yang menarik dan edukatif.