Jakarta, 30 Maret 2017

Bersamaan dengan berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mulai Sabtu (1/4) akan mengubah sebagian kecil perjalanan KRL lintas Jakarta Kota – Bekasi PP. Sebelumnya seluruh perjalanan di lintas ini melalui jalur Stasiun Jatinegara, Manggarai, Gondangdia, hingga Jakarta Kota. Selanjutnya, delapan perjalanan di lintas ini akan melewati jalur Stasiun Jatinegara, Pondok Jati, Pasar Senen, Kampung Bandan hingga Jakarta Kota.

Mulai 1 April mendatang, pengguna KRL lintas Bekasi akan dilayani oleh 154 perjalanan KRL. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan jadwal yang ada saat ini. Namun hanya delapan dari 154 perjalanan tersebut yang akan melalui jalur Pasar Senen. Jumlah rangkaian kereta yang melayani lintas Bekasi tetap 13 rangkaian terdiri dari kereta dengan formasi 12 kereta, 10 kereta, maupun 8 kereta.

Berikut jadwal KRL Relasi Bekasi – Jakarta Kota PP yang melalui Pasar Senen:

  1. Bekasi – Jakarta Kota, berangkat 05.38 WIB
  2. Bekasi – Jakarta Kota, berangkat 08.21 WIB
  3. Bekasi – Jakarta Kota, berangkat 12.48 WIB
  4. Bekasi – Jakarta Kota, berangkat 15.14 WIB
  5. Jakarta Kota – Bekasi, berangkat 07.05 WIB
  6. Jakarta Kota – Bekasi, berangkat 10.06 WIB
  7. Jakarta Kota – Bekasi, berangkat 13.57 WIB
  8. Jakarta Kota – Bekasi, berangkat 16.46 WIB

 

“Melalui pengoperasian KRL rute baru ini, PT KCJ berharap dapat mengurai kepadatan antrean kereta di Stasiun Manggarai, hal ini sekaligus menjawab kebutuhan pengguna jasa di lintas Bekasi yang memerlukan rute alternatif,” jelas Direktur Operasi dan Pemasaran KCJ Subakir.

Saat ini dari keseluruhan total 886 perjalanan KRL, 71% diantaranya melewati Stasiun Manggarai, terdiri dari KRL lintas Bekasi – Jakarta Kota PP, Bogor/Depok – Jakarta Kota PP, Bogor/Depok/Nambo – Duri/Jatinegara PP, dan KRL feeder Manggarai – Duri PP. Selain itu, sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh maupun kereta barang juga melintas di Stasiun Manggarai.

Sebagai solusi jangka panjang antrean kereta memasuki Stasiun Manggarai, saat ini pemerintah sedang membangun jalur ganda baru atau double double track (DDT) lintas Manggarai – Bekasi. Jalur ganda baru nantinya akan memisahkan jalur KRL dengan Kereta Api Jarak Jauh.

Selain pembangunan jalur ganda baru, pemerintah dalam hal ini Dirjenka Kementerian Perhubungan juga akan melakukan pembangunan Stasiun Manggarai dan beberapa stasiun lainnya di jalur Bekasi sampai dengan Manggarai.

Seiring dengan pengembangan infrastruktur yang dilakukan, diharapkan kedepannya perjalanan KRL dapat terus ditingkatkan untuk dapat mengakomodir kebutuhan jasa transportasi KRL.