Moda transportasi massal di wilayah Jakarta dan sekitarnya semakin berkembang. Saat ini misalnya masyarakat dapat menggunakan layanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek yang dioperasikan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan bus Transjakarta. Di masa yang akan datang, sejalan dengan program pemerintah akan tersedia lebih banyak lagi jenis angkutan massal antara lain Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT), dan kereta bandara.

 

Dengan semakin banyaknya pilihan moda transportasi bagi masyarakat, PT KCJ mendorong terciptanya integrasi antarmoda melalui berbagai program. Program terbaru adalah penukaran secara cuma-cuma Kartu Multi Trip (KMT) edisi lama dengan edisi baru yang telah menggunakan chip tipe F dari Sony FeliCa. Kartu dengan teknologi tipe F ini telah digunakan di berbagai negara dimana transportasi massalnya sangat maju, antara lain Jepang dan Hongkong. Di Indonesia sendiri teknologi ini telah digunakan oleh PT KCJ sejak awal tahun 2015.

 

Teknologi ini pula yang nantinya diadopsi oleh berbagai operator transportasi massal di Jabodetabek. “Dengan memiliki KMT berteknologi FeliCa, di masa depan pengguna akan lebih mudah saat beralih dari moda transportasi satu ke yang lainnya karena platform kartu jenis inilah yang akan dipakai berbagai penyedia jasa,” jelas Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila.

 

KMT lama yang belum berteknologi FeliCa memiliki ciri berwarna hitam, dan tidak terdapat logo atau tulisan FeliCa di bagian muka. KMT jenis ini dapat ditukar secara gratis dengan KMT berteknologi FeliCa di loket seluruh stasiun KRL Jabodetabek mulai April 2017. Pengguna dapat menukarkan KMTnya selama persediaan masih ada. Dalam penukaran, saldo pengguna di KMT lama akan dipindahkan sepenuhnya ke KMT baru.

 

Tata cara penukaran KMT ini cukup mudah. Pengguna yang memiliki KMT lama hanya perlu datang ke loket stasiun untuk diperiksa KMT miliknya. Loket yang melayani penukaran KMT telah diberi stiker maupun tanda khusus, dan terdapat di seluruh stasiun KRL Jabodetabek. Petugas loket selanjutnya akan meminta pemilik KMT mengisi formulir penukaran. Kartu baru dapat diambil di stasiun tempat penukaran dalam waktu 1×24 jam. Sebelum KMT baru diambil, KMT lama dapat digunakan seperti biasa.

 

Sejumlah aturan yang perlu diperhatikan terkait penukaran ini diantaranya:
1. KMT lama harus dalam kondisi baik dan terbaca oleh sistem e-ticketing KRL Jabodetabek
2. KMT yang hendak ditukar harus tercatat aktif atau pernah digunakan dalam kurun waktu satu bulan ke belakang sebelum 1 April 2017
3. Jika terdapat penalti atau suplisi, maka pemilik KMT harus terlebih dahulu menyelesaikan penalti atau suplisi tersebut.

 

Pemilik KMT tanpa logo FeliCa dihimbau untuk segera menukarkan kartunya agar dapat menikmati layanan transaksi top up KMT melalui jaringan Alfamart yang mulai 5 April 2017.