Proses penguraian kepadatan pengguna jasa lintas Duri – Tangerang setelah diberlakukannya penyesuaian Jadwal terus dilakukan PT KCI selaku operator. Sejumlah langkah yang telah dilakukan diantaranya memberlakukan crossing dua arah di Stasiun Duri untuk penumpang berpindah peron dari peron 5 menuju peron 1 dan sebaliknya sementara pembuatan dua tangga manual masih dalam proses pengerjaan. Berikut pantauan alur penumpang di Stasiun Duri berdasarkan evaluasi dari 26 Maret sd 11 April 2018 khususnya peron 5 dimana penumpang juga sudah mulai beradaptasi dengan perubahan alur tersebut :

Crossingan arah Tanah abang
1. Awal penerapan
Penumpang terurai 15 menit
2. Minggu lalu
Penumpang terurai 9 menit
3. Minggu ini
Penumpang terurai 5 menit

Crossingan arah Angke
1. Awal penerapan
Penumpang terurai 10 menit
2. Minggu lalu
Penumpang terurai 8 menit
3. Minggu ini
Penumpang terurai 3 menit

Eskalator
1. Awal penerapan
Penumpang terurai 16 menit
2. Minggu lalu
Penumpang terurai 7 menit
3. Minggu ini
Penumpang terurai 6 menit

Disisi lain yang dapat dilakukan PT KCI selaku operator terkait kapasitas angkut adalah dengan berupaya tetap menjaga hal tersebut dengan mengganti dua rangkaian formasi 10 kereta dengan yang lebih panjang menjadi formasi 12 kereta. Sementara untuk mengakomodir lintas Duri – Tangerang melalui kordinasi bersama regulator, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan (DJKA Kemenhub), mulai tanggal 9 April 2018 PT KCI selaku operator diizinkan untuk menambah empat perjalanan untuk lintas Duri – Tangerang.

Berikut hasil evaluasi terkait laporan situasi penumpang peak hour pagi hari Kamis, 12 April 2018 mulai Pkl 06.00 – 09.00 wib.

– Sta. Tangerang
# KA 2159B (SF 8) : terangkut semua
# KA 2161 (SF 12 ) : terangkut semua
# KA 2163B (SF 8 ): terangkut semua
# KA D1/13045 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 12) : terangkut semua
# KA 2167B (SF 8) : Terangkut Semua
# KA 2169 (SF 12) : terangkut semua
# KA 2171b (SF 12 ) : terangkut semua

– Sta. Tanah Tinggi
# KA 2159B (SF 8)   : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (SF 8)   : -/+ 18 orang tidak terangkut beberapa diantaranya datang dalam kurun waktu yang sempit dengan kedatangan KRL
# KA D1/13045 (SF 12)  : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 8) : Terangkut semua

Noted
Penumpang yg tidak terangkut disebabkan penumpang tersebut tidak mau memaksakan diri dan menunggu KA berikutnya dan penumpang tersebut naik KA tambahan (D1/13045)

– sta. Batu Ceper
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut sehmua
# KA   2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA  2163B  (SF 8) : Terangkut semua
# KA 13045  (SF  12) : Terangkut semua
# KA 2165  (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA  2169 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

– sta. Poris
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (SF 8)  : -/+ 19 orang tidak terangkut salah satu penyebab diantaranya datang dalam kurun waktu yang sempit dengan kedatangan KRL
# KA D1/13045 (SF 12)  : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 8) : -/+ 11 orang tidak terangkut mayoritas diantaranya datang dalam kurun waktu yang sempit dengan kedatangan KRL
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

– sta. Kalideres
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (SF 8) : -/+ 10 orang tidak terangkut beberapa diantaranya datang dalam kurun waktu yang sempit dengan kedatangan KRL
# KA D1/13045 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

– Sta. Rawa Buaya
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (SF 8) : Terang semua
# KA D1/13045 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

– Sta. Bojong Indah
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (SF 8) : -/+ 7 orang tidak terangkut
# KA D1/13045 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

– Sta. Taman kota
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : -/+ 4 orang tidak terangkut
# KA 2163 (SF 8) : Terangkut semua
# KA D1/13045 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 8) :  Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

– Sta. Pesing
# KA 2159B (Sf 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (Sf 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (Sf 8) :  Terangkut semua
# KA D1/13045 (Sf 12) : Terangkut semua
# KA 2165 (Sf 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (Sf 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (Sf 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (Sf 12) : Terangkut semua

– Sta. Grogol
# KA 2159B (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2161 (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2163B (SF 8) :  Terangkut semua
# KA D1/13045 (SF12) : Terangkut semua
# KA 2165 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2167B (SF 12) : Terangkut semua
# KA 2169 (SF 8) : Terangkut semua
# KA 2171B (SF 12) : Terangkut semua

Data tersebut merupakan salah satu contoh dari pemantauan yang telah dilakukan selama empat hari terakhir terakhir setelah penambahan 4 perjalanan dilakukan pada 9 April 2018. Terkait kepadatan yang terjadi di KRL lintas Duri – Tangerang, PT KCI meminta seluruh masyarakat untuk dapat memahami kondisi yang terjadi pada saat jam sibuk atau peak hour, tak hanya untuk lintas Duri – Tangerang mayoritas KRL yang beroperasi di berbagai lintas juga mengalami kepadatan penumpang yang lebih tinggi jika dibandingkan pada waktu di luar jam sibuk karena memang ada satu kondisi masyarakat beraktifitas pada waktu yang bersamaan.

PT KCI terus berkomitmen melakukan peningkatan kapasitas angkut di tengah kondisi infrastruktur yang masih dalam proses pembangunan oleh pemerintah. Untuk meningkatkan kapasitas angkut tanpa menambah perjalanan secara signifikan, PT KCI terus menambah jumlah rangkaian yang lebih panjang yakni rangkaian dengan formasi 10 kereta (SF 10) dan 12 kereta (SF 12). Sejak 2015 program tersebut dilakukan, hingga saat ini PT KCI total telah mengoperasikan 20 rangkaian SF 12 dan 42 rangkaian SF 10

PT KCI juga mengajak pengguna jasa untuk dapat bekerjasama dengan melakukan pengaturan keberangkatannya di jam sibuk. Tak lupa pula, PT KCI terus mengimbau para pengguna untuk tetap memerhatikan keselamatan dan keamanan dengan tidak memaksakan diri untuk masuk apabila kondisi KRL sangat padat dan menunggu kedatangan KRL selanjutnya.