Memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia 17 Agustus 2020 ini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memperingati secara sederhana ditengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Tepat di hari kemerdekaan ini, PT KCI mengajak pengguna jasa KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang untuk selalu menggunakan masker saat berada di ruang publik.

Edukasi penggunaan masker ini seiring dengan Indonesia memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dimana harus tetap beraktivitas dengan produktif, aman, dan sehat ditengah pandemi Covid-19. Dalam edukasi penggunaan masker ini, PT KCI juga memperkenalkan C-Ranger untuk bersama-sama saling mengingatkan kepada seluruh pengguna untuk menjaga jarak dan tidak berbicara di dalam KRL. C-Ranger adalah sekelompok millenial PT KCI yang bertugas mengajak seluruh karyawan dan para pengguna KRL menerapkan AKB di lingkungan stasiun maupun di KRL.

Sebelumnya, pada pukul 10.17 WIB di 80 stasiun dan 91 rangkaian KRL juga diumumkan detik-detik proklamasi dimana para pengguna dan petugas diminta untuk mengambil sikap sempurna sesuai ajakan pemerintah. Hal ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh pengguna jasa KRL.

Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang

Sejak diberlakukannya pintu akses tunggal sisi utara di Stasiun Tanah Abang pada 11 Agustus 2020 lalu, antrean pengguna berjalan dengan tertib. Penyekatan dari satu pintu akses ini dapat membuat pengaturan jaga jarak lebih maksimal, sehingga pengaturan pengguna KRL sejumlah 74 orang per kereta dapat berjalan dengan tertib.

Setelah dilakukan evaluasi di lapangan, maka mulai 15 Agustus 2020 pemberlakuan pintu akses tunggal sepenuhnya dilakukan setiap hari mulai pukul 14.00 WIB. Dengan demikian para petugas juga dapat mengatur alur pergerakan pengguna sehingga menjadi lebih teratur.

PT KCI menghimbau kepada pengguna jasa untuk tetap tertib saat akan masuk ke stasiun dan di dalam KRL, mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk stasiun dan naik KRL, menggunakan masker, menjaga jarak antar pengguna baik di area stasiun maupun di dalam KRL, serta mengikuti marka dan arahan dari petugas di lapangan demi kesehatan bersama.