PT KCI mengajak seluruh masyarkat untuk menjaga keselamatan dan keamanan bersama dengan tidak melakukan aktivitas di jalur rel serta para pengendara agar mematuhi rambu pada perlintasan sebidang.

Sosialisasi dan edukasi keselamatan selama ini terus dilakukan secara berkala oleh PT KCI. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi untuk mengurangi resiko berbahaya dan tidak beraktifitas pada area steril di jalur rel.

Resiko keselamatan tidak hanya pada perjalanan KRL, namun kerap kali juga berdampak pada masyarakat yang beraktifitas di jalur rel.

Pada Jumat 15 Februari 2019 sekitar Pkl 16.00 WIB petugas mendapatkan informasi bahwa di jalur rel antara Stasiun Kebayoran – Pondok Ranji di KM 16+9 terdapat dua orang pejalan kaki menabrak KRL KA 2017 relasi Parung Panjang – Tanah Abang

Atas laporan tersebut petugas pengamanan Stasiun Kebayoran langsung menuju lokasi kejadian dan berkordinasi dengan pihak kepolisian. Kedua korban ditemukan meninggal dunia dan tanpa membawa identitas, selanjutnya kasus tersebut ditangani oleh pihak Kepolisian Sektor Pesanggrahan.

Perjalanan KRL dengan kecepatan sekitar 70 km/jam tidak dapat berhenti sewaktu-waktu karena dapat membahayakan operasional KRL yang membawa sekitar 1600 sampai dengan 2000 pengguna jasa dalam satu kali perjalanan.

Atas kejadian tersebut PT KCI berharap seluruh masyarakat yang menetap berdekatan dengan wilayah operasional KRL agar tidak beraktifitas pada area steril yakni di jalur rel.