Jakarta, 30 Maret 2017

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai 1 April 2017 akan memberlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. GAPEKA 2017 menggantikan GAPEKA tahun 2015 yang selama ini menjadi dasar penyusunan jadwal kereta, termasuk KRL.

Mulai 1 April 2017 PT KCJ secara bertahap akan mengoperasikan 898 perjalanan KRL per hari. Jumlah tersebut bertambah dibanding saat ini, dimana setiap harinya beroperasi 886 perjalanan KRL.

Penambahan perjalanan paling banyak terdapat di lintas Tanah Abang – Serpong/Parung Panjang/Maja/Rangkasbitung PP, sejalan dengan perpanjangan relasi KRL hingga Rangkasbitung yang akan menggantikan slot perjalanan Kereta Api Lokal. Jumlah perjalanan KRL di lintas ini akan mencapai 186 perjalanan setiap harinya, sementara sebelumnya hanya ada 151 perjalanan.

Jumlah perjalanan KA di Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP dan Bogor/Nambo/Depok – Jatinegara PP juga akan bertambah. Mulai 1 April para pengguna KRL di lintas tersebut akan dilayani oleh 409 perjalanan kereta. Bertambahnya perjalanan terutama di lintas Bogor/Nambo/Depok – Jatinegara PP adalah solusi untuk menggantikan sebagian perjalanan KRL feeder relasi Manggarai – Duri yang slot perjalanannya harus mulai berbagi dengan rencana beroperasinya KA Bandara Soekarno Hatta mulai tahun 2017 ini.

Pembagian slot juga terjadi di lintas Duri – Tangerang PP. Jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) di stasiun pada lintas ini akan menjadi sekitar 30 menit, hal tersebut dilakukan untuk memberi ruang bagi persiapan beroperasinya KA Bandara sesuai ketetapan pada Gapeka 2017.

PT KCJ juga menghimbau para pengguna di lintas Duri – Tangerang untuk sementara agar menghindari turun naik di Stasiun Duri mengingat adanya proyek pembangunan Stasiun yang membuat luas peron berkurang. Para pengguna dapat turun naik KRL melalui stasiun alternatif terdekat yakni Stasiun Grogol.

Sementara itu di lintas Bekasi – Jakarta Kota PP, jumlah perjalanan KRL tidak banyak berbeda dengan yang ada sekarang. Mulai 1 April mendatang, para pengguna akan dilayani oleh 154 perjalanan KRL setiap harinya. Perbedaannya adalah, kini terdapat pilihan rute lain bagi pengguna di lintas ini yaitu Bekasi – Jakarta Kota PP melalui jalur Pondok Jati – Pasar Senen – Kampung Bandan. Dari 154 perjalanan per hari, ada delapan perjalanan yang melalui rute Bekasi – Jakarta Kota melalui Stasiun Pasar Senen.

“Penyusunan GAPEKA 2017 ini telah berlangsung cukup lama, dengan memerhatikan berbagai masukan, utamanya adalah saran dari para pengguna. Kami berharap dengan memberlakukan jadwal baru berdasarkan GAPEKA 2017, para pengguna KRL dapat lebih terakomodir kebutuhannya,” jelas Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila.

Untuk menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal baru dan besaran tarif sesuai tujuan penumpang, maka para pengguna dapat melihat seluruh jadwal KRLmelalui aplikasi KRL Access yang dapat diunduh melalui Android dan iOs. Selain aplikasi, jadwal baru juga dapat dilihat melalui website www.krl.co.id dan sejumlah media informasi yang telah tersedia di stasiun KRL Jabodetabek.

Penambahan kapasitas angkut juga akan dilakukan PT KCJ melalui program pengoperasian KRL dengan formasi 12 dan 10 kereta yang lebih banyak pada tahun 2017 ini.