Dalam Rangka meningkatkan pelayanan untuk pengguna KRL dengan disabilitas, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menyediakan alat Portable Ramp. Alat ini berupa papan alumunium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan dan akan digunakan untuk membantu pengguna KRL yang menggunakan kursi roda beraktivitas naik-turun KRL.

 

Saat ini prototipe portable ramp KRL tersebut telah diuji coba. Selanjutnya, kini portable ramp tengah dalam proses produksi. PT KCJ menargetkan pada Mei mendatang portable ramp ini telah tersedia di 74 stasiun KRL Jabodetabek.

 

Pengguna KRL dengan disabilitas yang memerlukan fasilitas portable ramp ini akan dibantu oleh passenger service di stasiun. Pada proses pelayanan yang dilakukan, passenger service di stasiun awal akan membantu pengguna disabilitas dengan kursi roda sampai dengan naik ke rangkaian KRL. Selanjutnya selain berkoordinasi dengan petugas pengawalan KRL petugas di stasiun awal juga akan menghubungi passenger service di stasiun tujuan untuk menginformasikan nomor kereta dan nomor rangkaian dimana terdapat pengguna dengan kebutuhan khusus tersebut, agar dapat segera dilayani saat kereta tiba di stasiun tujuan.

 

Ini adalah bentuk komitmen PT KCJ untuk terus memperbaiki aksesibilitas KRL Jabodetabek. Sebelumnya PT KCJ telah memasang ubin disabilitas di 35 stasiun KRL Jabodetebek dan akan dipenuhi secara bertahap diseluruh stasiun. Peningkatan layanan lainnya untuk memudahkan pengguna disabilitas menggunakan transportasi krl juga telah dipenuhi sebelumnya, seperti penyediaan informasi visual dan audio baik di Stasiun atau di KRL serta pembuatan pintu manual dan jalur khusus disabilitas atau permanent ramp di stasiun.

 

Peningkatan pelayanan diberbagai sisi untuk mewujudkan KRL sebagai “Best Choice For Urban Transport” akan terus menjadi komitmen PT KCJ sebagai operator sarana KRL Commuter Iine.