Sebagai transportasi massal di wilayah aglomerasi Jabodetabek, KRL menjadi transportasi yang banyak digunakan masyarakat. Di masa pandemi, KAI Commuter turut serta mendukung program vaksinasi nasional yang diselenggarakan di stasiun. Tak hanya pengguna KRL, masyarakat umum juga dapat mengikuti program vaksinasi di stasiun yang bekerja sama dengan fasilitas kesehatan setempat.

Sampai saat ini 10 stasiun KRL sudah menjadi lokasi vaksinasi, diantaranya Stasiun Jakarta Kota, Duri, Angke, Cikarang, Maja, Rangkasbitung, Lenteng Agung, Juanda, Kalideres, dan Manggarai. Pelaksanaan vaksin di Stasiun Manggarai sendiri dilakukan Jumat (3/9) pagi ini yang bekerja sama dengan Puskesmas Tebet.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, Plt. Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar bersama jajaran meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Manggarai. Sebanyak 218 vaksin Sinovac berhasil disuntikkan kepada pengguna KRL maupun masyarakat umum yang sudah mendaftar.

“Saya senang KAI group konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan vaksinasi dengan melibatkan dokter-dokter muda yang menjadi relawan vaksinator”, ujar Menhub dalam keterangannya.

Di Stasiun Manggarai Menhub Budi bersama jajaran berkeliling menyapa peserta vaksin dan vaksinator. “Walaupun sudah divaksin, harus tetap jalankan prokes ya bu”, pesan Menhub Budi kepada salah satu peserta vaksin. Di kesempatan yang sama, Menhub Budi menyerahkan bingkisan buah kepada perwakilan peserta vaksin dan vaksinator.

Hingga Jumat (3/9) ini tercatat sudah ada 12.359 orang divaksin di 10 stasiun KRL yang diselenggarakan sejak 25 Juli lalu. Secara konsisten KAI Commuter terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah membentuk kekebalan komunal di masyarakat melalui program vaksinasi. KAI Commuter akan terus bekerja sama dengan fasilitas kesehatan setempat untuk melaksanakan vaksinasi di stasiun.