Pengguna KRL Jabodetabek di sejumlah stasiun yang menjadi pusat kepadatan pada hari libur normal seperti Sabtu dan Minggu, mengalami peningkatan selama masa libur Idul Fitri tahun 2018.

Peningkatan jumlah pengguna KRL utamanya terpantau di tujuh stasiun yang setiap tahunnya memang kerap dipadati pengguna pada musim libur lebaran.

Di Stasiun Bogor misalnya, terpantau jumlah pengguna naik sekitar 7.9% dengan volume tertinggi sejauh ini pada tanggal 17 Juni sebesar 122.019. Sementara di Stasiun Jakarta Kota jumlah pengguna terlihat meningkat 34% dengan volume tertinggi sejauh ini pada tanggal 17 Juni sejumlah 105.372. Stasiun Cikarang yang pada masa libur lebaran tahun lalu belum melayani KRL, pada liburan kali ini melayani rata-rata 16.971 pengguna tiap harinya. Jumlah pengguna terpadat di Stasiun Cikarang pada masa lebaran kali ini tercatat 19.117 di tanggal 17 Juni.

Sejumlah stasiun lain juga mencatat trend positif dalam hal jumlah pengguna yang dapat dilayani. Stasiun-stasiun tersebut adalah Bekasi (meningkat 34% dibanding hari libur biasa), Rangkasbitung (16.3%) , dan Tanah Abang (6.8%).

Kecenderungan jumlah pengguna yang meningkat di sejumlah stasiun ini diperkirakan masih akan berlanjut meskipun masa cuti bersama selesai pada 20 Juni. PT KCI memperkirakan kepadatan masih akan berlangsung hingga akhir pekan ini karena siswa sekolah masih dalam masa liburan, dan adanya kalangan karyawan serta pelaku ekonomi lainnya yang mengambil masa cuti lebih panjang.

Untuk itu PT KCI menghimbau para pengguna selama musim liburan ini agar senantiasa mengutamakan keselamatan dan menjaga kebersihan saat naik KRL.

Aspek keselamatan yang perlu diperhatikan antara lain adalah senantiasa menunggu KRL di belakang garis kuning aman peron, mendahulukan pengguna yang hendak turun dari KRL, tidak memaksakan diri untuk naik bila kereta telah penuh, serta senantiasa memperhatikan putra-putri maupun barang bawaannya.

Kebersihan KRL juga sangat perlu untuk diperhatikan bersama mengingat KRL adalah transportasi publik yang kenyamanannya perlu senantiasa dijaga. Para pengguna dapat menjaga kebersihan dengan mematuhi aturan naik KRL yaitu tidak makan dan minum saat berada di dalam kereta serta tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan menjaga kebersihan dan keselamatan, tentu menikmati masa libur lebaran ini dengan naik KRL ini dapat lebih berkesan bagi para pengguna beserta keluarga dan kerabatnya.