PT Kereta Commuter Indonesia terus berupaya meningkatkan layanan bagi para pengguna KRL di akhir tahun 2019 ini. Peningkatan layanan berupa penambahan frekuensi perjalanan KRL hingga fasilitas layanan bagi pengguna.

Mulai 1 Desember 2019 akan berlaku Grafik Perjalanan Kereta atau GAPEKA 2019. GAPEKA merupakan pedoman untuk penjadwalan perjalanan kereta api sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai regulator. GAPEKA berlaku untuk kereta antar kota, kereta barang, maupun kereta perkotaan seperti Commuter Line.

Khusus untuk Commuter Line, GAPEKA baru ini memungkinkan penambahan perjalanan KRL secara bertahap. Saat ini PT KCI mengoperasikan 958 perjalanan dengan 84 rangkaian kereta setiap harinya. Mulai 1 Desember 2019, PT KCI akan mengoperasikan 960 perjalanan dengan 86 rangkaian kereta setiap harinya. Jumlah ini akan ditingkatkan secara bertahap hingga akhir tahun 2020 mencapai 1001 perjalanan dengan 90 rangkaian kereta per harinya.

Penambahan jadwal perjalanan melalui berlakunya GAPEKA 2019 ini juga diharapkan semakin menambah kapasitas angkut KRL Conmuter Line di masa yang akan datang. Hingga Oktober 2019, PT KCI telah melayani 278.706.794 pelanggan, atau 916.799 pelanggan per harinya. Angka ini telah mencapai 81,13 persen dari target pada tahun 2019 ini.

Selain GAPEKA baru, mulai November 2019 ini PT KCI juga menyelesaikan peningkatan fasilitas layanan bagi pengguna di stasiun-stasiun. Fasilitas tersebut antara lain penataan hall di Stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Durenkalibata; penambahan maupun renovasi toilet di tiga belas stasiun, antara lain Stasiun Cilebut, Kampung Bandan, dan Jurang Mangu; serta pembangunan underpass di Stasiun Durenkalibata, Stasiun Pasarminggu, dan Stasiun Depok.

PT KCI juga mendukung upaya meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat dengan menyediakan pojok baca di sebelas stasiun. Sebelas stasiun tersebut adalah Jakarta Kota, Juanda, Gondangdia, Cikini, Cakung, Cikarang, Duri, Palmerah, Jurangmangu, Universitas Indonesia dan Bogor. Dengan kehadiran pojok baca ini, pengguna KRL akan dapat memanfaatkan waktu selama di perjalanan dengan membangun kebiasaan positif yaitu membaca. Buku dapat dibawa dari pojok baca, untuk kemudian dikembalikan lagi ke pojok baca di stasiun tempat tujuan maupun di stasiun yang sama.

Dalam pojok baca ini juga tersedia kotak bagi para pengguna yang ingin berdonasi buku. Buku yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk mengisi pojok baca di stasiun maupun mengisi Taman Baca Inovator Si Karel milik PT KCI yang terletak di dekat Stasiun Tenjo.

Berbagai peningkatan layanan ini merupakan bentuk komitmen KCI untuk senantiasa berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi pengguna KRL.