Petugas Pengawal Kereta (Walka) PT Kereta Commuter Indonesia mengamankan pengguna KRL yang hendak merokok di dalam perjalanan KRL KA 1547 relasi Nambo – Angke di Stasiun Duren Kalibata sekitar pukul 11.30 WIB. Pengguna tersebut ditertibkan dengan diturunkan dari KRL karena tidak dapat menerima ketentuan larangan merokok di dalam KRL.

Pada saat petugas walka sedang melakukan patroli rutin didalam KRL, salah seorang pengguna KRL menanyakan kepada Petugas Walka terkait keinginannya pengguna untuk merokok di stasiun maupun di dalam KRL. Petugas Walka menyampaikan untuk tidak merokok sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun pengguna tersebut berulang kali mengajak petugas beradu argumen mengenai keinginannya untuk merokok. Karena perilakunya sudah mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengguna lain, ia akhirnya diturunkan di stasiun Duren Kalibata.

PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk selalu mentaati peraturan yang sudah ditetapkan seperti dilarang merokok, dilarang duduk di lantai KRL, dilarang makan dan minum di KRL, serta peraturan lainnya yang sudah tertera di dalam KRL dan bisa dilihat oleh para pengguna KRL. Pengguna KRL juga dihimbau untuk selalu menghormati pengguna lainnya dengan menjaga ketertiban baik di dalam KRL maupun di area stasiun.