SIARAN PERS

Nomor: 30/SP/VIII/DJKA/2018

 

Sabtu, 11 Agustus 2018, Pemerintah berencana untuk memindahkan jalur rel(switch over) KRL lintas Bogor – Jakarta di Stasiun Manggarai, dari yang semula di jalur 6 dan 7 berpindah menjadi ke jalur 8 dan 10. Pemindahan jalur ini bertujuan untuk keberlanjutan Pembangunan Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral KA yang modern.

 

Perubahan pola operasi akibat perubahan jalur rel KRL ini berdampak pada bertambahnya waktu perjalanan KRL sekitar 5 – 10 menit. Sebagai contoh, waktu perjalanan KRL lintas Bogor – Jakarta Kota dari yang semula 1 jam 55 menit menjadi 2 jam atau 2 jam 5 menit.

 

Terkait dengan kondisi tersebut , Pemerintah meminta maaf kepada masyarakat pengguna jasa KRL atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan serta memohon pengertian masyarakat untuk dapat memaklumi kondisi tersebut, hingga penyelesaian Pembangunan Stasiun Manggarai selesai. Untuk itu, Pemerintah bersama operator KRL, PT. KCI menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanannya ketika menggunakan KRL, terutama pada lintas Bogor menuju Jakarta. Selain itu, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan operator KRL, PT.KCI serta DAOP I PT.KAI (Persero) guna mengantisipasi pelaksanaan kegiatan pemindahan jalur (switch over), akan menambah jumlah SDM Perkeretaapian terutama pada titik-titik perpindahan penumpang (passanger crossing) serta pada pengaturan perjalanan KA.  

 

Kedepan jalur rel di Stasiun Manggarai akan dibangun dua tingkat untuk memisahkan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter jabodetabek dan kereta api commuter bandara. Stasiun Manggarai juga akan dibangun sebanyak 3 lantai. Dimana  lantai 1 terdiri dari jalur KA Bekasi line 4 jalur, KA Bandara 4 jalur, peron 12 stamformasi, lantai 2 terdiri dari layanan penumpang luas lantai kurang lebih 9.108 m2, kapasitas kurang lebih 17.800 orang dilengkapi lift dan escalator serta lantai 3 terdiri dari jalur KA main line 6 jalur dan Bogor line 4 jalur, peron 12 stamformasi. Stasiun ini akan menjadi perhentian terakhir untuk perjalanan kerata api jarak jauh. Pemerintah berharap ke depan, dengan telah selesainya pembangunan Stasiun Manggarai animo masyarakat untuk tetap memilih kereta api ketika melakukan perjalanan dapat terus terjaga.(rei/ebn)

 

HUMAS Ditjen Perkeretaapian

Kementerian Perhubungan