Warga di wilayah perkotaan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sangat dekat dengan sejumlah isu lingkungan saat ini antara lain perubahan iklim, konsumsi energi, dan pengelolaan sampah. Untuk itu PT Kereta Commuter Indonesia (KCI)  sebagai penyedia jasa angkutan KRL Commuter Line yang memiliki misi untuk menyelenggarakan angkutan berwawasan lingkungan ikut berupaya mencegah dampak dari berbagai permasalahan lingkungan tersebut dengan memperkenalkan konsep Stasiun Ramah Lingkungan.

Stasiun yang mulai menerapkan konsep ramah lingkungan adalah Stasiun Sudirman, Stasiun Jurangmangu, dan Stasiun Klender. Peresmian ketiga stasiun tersebut sebagai Stasiun Ramah Lingkungan, dilakukan bersama oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta, dan Direktur Utama PT KCI pada Selasa 17 Desember 2019 di Stasiun Sudirman.

“Ini merupakan dukungan nyata PT KCI untuk melaksanakan program pemerintah dalam hal pelestarian lingkungan. Kami juga ingin mengajak pengguna untuk lebih sadar dan ikut serta dalam upaya mencegah berbagai masalah lingkungan, salah satunya dengan memilah dan membuang sampah sesuai tempatnya,” jelas Dirut PT KCI Wiwik Widayanti. “Tidak hanya di stasiun, dalam lingkungan internal perusahaan mulai 1 Januari 2020 kami melarang penggunaan air minum dalam kemasan plastik dan mengambil langkah-langkah penghematan energi. Seluruhnya merupakan bagian dari program KCI Go Green,” ungkap Wiwik.

Ketiga stasiun KRL yang memiliki konsep Stasiun Ramah Lingkungan yaitu Stasiun Sudirman, Stasiun Jurangmangu, dan Stasiun Klender. Di tiga stasiun tersebut PT KCI menyiapkan teknologi dan fasilitas pelayanan penumpang yang mengusung konsep ramah lingkungan, antara lain tempat isi ulang telepon seluler dengan sumber listriknya berasal dari panel sel surya, pengelolaan sampah dengan pemisahan jenis sampah dan dilengkapi rumah sampah, serta taman stasiun untuk membuat stasiun lebih sejuk dan asri.

Selain itu, dalam memberi layanan di Stasiun KCI juga memilih fasilitas-fasilitas yang lebih ramah lingkungan antara lain menyediakan pengering tangan sebagai pengganti tisu di tempat cuci tangan; pemilihan tipe keran yang lebih hemat air; pembuatan biopori; mengganti sejumlah kipas angin dinding dengan satu unit kipas angin HVLS (high volume low speed), hingga timer otomatis pengatur hidup/mati lampu di Stasiun. Tentunya di masa yang akan datang KCI terus mendorong inovasi untuk mengatasi masalah lingkungan. Jumlah stasiun dengan konsep Stasiun Ramah Lingkungan juga akan bertambah.  tidak hanya tiga stasiun ini yang akan mengadopsi konsep ramah lingkungan.

Diharapkan dengan adanya Stasiun Ramah Lingkungan ini kelestarian lingkungan akan tetap terjaga serta penumpang KRL yang berada di stasiun dapat teredukasi dan memahami pentingnya kelestarian lingkungan hidup.