PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyapa dan mempersembahkan layanan istimewa bagi para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line dalam peringatan Tahun Baru Imlek 2571. Layanan istimewa ini hadir di Stasiun Bogor tepat pada peringatan Tahun Baru Imlek Sabtu, 25 Januari 2020. Layanan istimewa ini diberikan kepada para pemilik Kartu Multi Trip (KMT) yang merupakan pengguna setia Commuter Line.

Pada peringatan Imlek kali ini, PT KCI menyediakan 2571 dimsum kepada para pengguna Commuter Line. Hadir pula fortune teller bagi mereka yang ingin mencari tahu peruntungannya memasuki tahun baru ini. Tidak hanya itu, para pengguna juga berkesempatan mendapat berbagai hadiah cindera mata menarik dari KCI dalam angpao yang dibagikan kepada para pemilik KMT. Syarat bila para pengguna ingin mendapatkan berbagai layanan istimewa ini cukup mudah. Mereka cukup menunjukkan bukti transaksi di hari itu berupa struk isi ulang KMT senilai minimum Rp20.000 atau struk pembelian KMT baru.

Berbagai layanan istimewa ini memang khusus dipersembahkan bagi para pemilik KMT. Sepanjang tahun 2019 lalu, tercatat penjualan KMT mencapai 751.122 kartu, tumbuh 86% dari tahun 2018. Persentase pengguna yang bertransaksi non tunai di KRL Commuter Line dengan menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank, maupun aplikasi Link Aja, saat ini mencapai 63% atau merupakan pilihan mayoritas para pengguna KRL.

Tahun 2020 ini pemilik KMT akan mendapatkan keuntungan yang semakin beragam. Pada 14 November tahun lalu, Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan izin untuk KCI sebagai penerbit uang elektronik berbasis chip. “Dengan izin dari BI ini, KCI sebagai penerbit KMT dapat melakukan ekspansi guna menjadikan KMT sebagai alat pembayaran di transportasi publik lain, alat pembayaran di berbagai merchant yang bekerja sama, hingga kemudahan melakukan isi ulang selain di stasiun,” jelas Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba. “PT KCI sangat terbuka untuk bekerja sama dalam pengembangan KMT bersama berbagai pihak. KMT sangat potensial karena kartu ini digunakan oleh ratusan ribu orang secara rutin setiap harinya,” tambah Anne.

Pegawai Millenial Diajak Merawat Keberagaman

Dalam peringatan Imlek kali ini, KCI juga menghadirkan pertunjukan Barongsai di Stasiun Bogor. “Selain menjadi tradisi di setiap peringatan Imlek, tahun 2020 ini adalah keempat kalinya KCI menghadirkan kemeriahan suasana Imlek di Stasiun KRL. Ini adalah salah satu upaya kami dalam memperkenalkan keragaman budaya yang ada di Indonesia,” tutur Anne.

Satu minggu sebelum peringatan Imlek, para pegawai millennial KCI juga diajak melakukan aktivitas bina lingkungan di Vihara Dhanagun yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Stasiun Bogor. Dalam kegiatan ini, para millennial berinteraksi dengan pengurus vihara sekaligus membersihkan vihara agar para pengunjung lebih nyaman.

“KCI senantiasa hadir membina lingkungan di sekitarnya, dan berkontribusi bagi masyarakat. Menjelang Imlek ini para millennial hadir memberi kontribusi di Vihara Dhanagun. Sebelumnya saat peringatan Natal, KCI juga memberi sumbangan kepada anak-anak dengan disabilitas. Sementara itu setiap bulannya kami juga rutin menggelar santunan bagi anak yatim piatu di musala atau masjid yang berlokasi di sekitar jalur rel. Kegiatan-kegiatan tersebut senantiasa dibalut dalam format edukasi mengenai keselematan dan etika menggunakan KRL,” jelas Anne.