Setelah melakukan berbagai inovasi sepanjang 2017, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) akan melanjutkan berbagai inovasi guna melayani pengguna jasa yang jumlahnya semakin hari semakin meningkat.

Untuk tahun 2018, PT KCI menargetkan dapat melayani 320.026.523 pengguna jasa atau meningkat 9,5% dibandingkan program tahun 2017. Peningkatan jumlah pengguna jasa KRL dari tahun ke tahun memang menjadi catatan tersendiri. PT KCI mencatat, dalam dua tahun terakhir pertumbuhan pengguna jasa meningkat 22,6% atau bertambah 58 juta pengguna jasa.

Untuk dapat mengakomodir peningkatan jumlah pengguna jasa KRL, sepanjang Tahun ini PT KCI akan secara bertahap menambah jumlah rangkaian dengan formasi 12 kereta hingga mencapai 26 rangkaian. Sementara jumlah kereta dengan formasi 10 akan mencapai 43 rangkaian, dan formasi delapan kereta akan berkurang hingga hanya mencapai 22 rangkaian.

Sejalan dengan program peningkatan pertumbuhan pengguna jasa, modernisasi sistem e-ticketing juga menjadi perhatian PT KCI. “Tahun ini PT KCI akan menambah 200 unit vending machine dan 200 gate yang tersebar di seluruh stasiun”, ungkap Direktur Utama PT KCI M.N. Fadhila. Bahkan di tahun ini juga PT KCI akan meluncurkan vending machine jenis baru yaitu vending machine fare adjusment.

Pembangunan Fasilitas Pelayanan

Pembangunan sejumlah fasilitas pelayanan yang telah berlangsung sejak tahun 2015 lalu terus ditingkatkan hingga saat ini. Tahun 2017, PT KCI telah merampungkan pembangunan enam underpass dan satu Jembatan Penyebrangan Orang. Untuk tahun 2018 akan terus berlanjut dengan membangun empat terowongan penyebrangan orang di Stasiun Duren Kalibata, Pasar Minggu, Universitas Indonesia, dan Depok. Pembangunan fasilitas tersebut bermuara pada keamanan dan keselamatan para pengguna jasa yang akan berpindah peron.

Fasilitas stasiun lainnya antara lain pos kesehatan. Saat ini sudah tersedia 27 pos kesehatan yang tersebar di beberapa stasiun dengan menugaskan 98 orang paramedis yang siap memberikan pertolongan pertama saat keadaan darurat di stasiun.

Pengembangan Layanan Non Core

Selain berinovasi pada bidang pengembangan armada dan operasional, PT KCI juga melirik inovasi pada bidang layanan non core yang dirasa menjanjikan dengan meluncurkan C-Corner. C-Corner sendiri adalah official merchandise store yang menjual souvenir ala KRL.

Di tahun pertamanya berdiri, PT KCI menghadirkan C-Corner di Stasiun Juanda, Tanah Abang, dan Bogor. Pada tahun ini, C-Corner akan hadir di Stasiun Tebet dan Jakarta Kota.

Beragam program tersebut tentu adalah bagian dari upaya KCI mencapai target melayani 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019. Target ini tentu bukan hanya peningkatan kuantitas semata, tetapi juga kualitas dari pelayanan KRL.