PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai penyedia jasa angkutan kereta komuter di Jabodetabek telah siap untuk melayani penumpang KRL pada musim libur lebaran tahun 2017 ini. PT KCJ telah mengantisipasi kemungkinan kepadatan penumpang di sejumlah stasiun melalui penambahan fasilitas transaksi tiket elektronik, penataan flow penumpang, dan penambahan petugas.

 

Dalam angkutan lebaran tahun ini, PT KCJ akan melayani 75 stasiun serta menyiapkan setidaknya 186 unit vending machine, dan 39 point of sales (POS) mobile untuk fungsi loket melengkapi fasilitas transaksi loket yang telah ada di stasiun.

 

POS mobile akan dikonsentrasikan di sejumlah stasiun yang padat penumpang selama musim libur lebaran antara lain Bogor (15 unit) dan Rangkasbitung (6 unit). Keberadaan POS mobile ini merupakan upaya KCJ untuk mengurai antrian para pengguna THB di sejumlah stasiun yang biasanya memadati loket maupun vending machine.

 

Dalam upaya memudahkan penumpang bertransaksi, PT KCJ juga telah menyiapkan inovasi berupa THB yang dapat dibeli langsung untuk perjalanan pergi pulang, dan petugas untuk menjual Kartu Multi Trip (KMT) di luar loket.

 

Di sejumlah stasiun padat penumpang PT KCJ juga menjalin kerja sama dengan mitra perbankan dalam menjual uang elektronik bank dengan harga khusus hingga 2 Juli mendatang. Kartu uang elektronik bank ini memiliki fungsi yang sama dengan KMT. Demi kenyamanan para pengguna serta untuk menyiasati potensi kepadatan penumpang di sejumlah stasiun, PT KCJ sangat menyarankan pengguna menggunakan KMT agar dapat turun dan naik di stasiun mana saja tanpa perlu selalu antri di vending machine maupun loket.

 

Untuk penambahan petugas khusus di sejumlah stasiun yang biasa dipadati penumpang saat musim libur lebaran, PT KCJ akan mengerahkan petugas tambahan di tiap stasiun. Petugas ini terdiri dari petugas pelayanan pelanggan, petugas pengamanan serta petugas loket dan vending machine. Seluruh karyawan PT KCJ yang bukan merupakan frontliner juga secara bergantian ditugaskan untuk mengikuti posko di stasiun selama masa angkutan lebaran ini.

 

“Sejumlah upaya ini merupakan respon KCJ terhadap jumlah pengguna yang terus meningkat dan akan semakin ramai pada masa angkutan lebaran,” jelas Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila.

 

PT KCJ mencatat rekor penumpang harian mencapai 1.045.823 pada 24 Mei 2017 lalu. Ini adalah angka tertinggi sepanjang sejarah PT KCJ. Dengan pertumbuhan tersebut, rata-rata penumpang mencapai 960.109 penumpang per hari atau tumbuh hingga 122 % dibanding tahun 2013 dimana jumlah penumpang hanya mencapai 431.886 penumpang setiap harinya.

 

Jika diperhatikan tren pertumbuhan penumpang pada musim angkutan lebaran setiap tahunnya, tercatat pada H-7 sampai dengan H+7 musim lebaran tahun 2015 PT KCJ berhasil mengangkut 9.330.330 penumpang. Sedangkan pada H-7 sampai dengan H+7 musim lebaran tahun 2016 PT KCJ berhasil mengangkut 9.957.739 penumpang atau meningkat 6,7 % dari tahun sebelumnya.

 

“Dengan melihat tren pertumbuhan penumpang pada setiap musim lebaran, kami prediksi pada musim lebaran tahun ini akan meningkat 10,7% dari tahun 2016,” ucap Fadhil.

 

Sebagai antisipasi pada musim lebaran tahun ini, PT KCJ tetap akan mengoperasikan 918 perjalanan KRL per harinya. Jumlah ini tidak ada perubahan dibanding hari-hari biasanya.

 

“Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap perubahan jadwal kereta karena keberangkatan kereta jarak jauh tambahan di musim lebaran yang beroperasi dijalut yg sama dengan KRL, PT KCJ bersama PT KAI Daop 1 telah melakukan pengaturan yang baik untuk mengakomodir seluruh perjalanan,” pungkas Fadhil.

 

Dengan kondisi peningkatan jumlah penumpang tersebut PT KCJ juga menghimbau para pengguna, terutama pengguna yang belum terbiasa menggunakan KRL, untuk selalu berhati-hati dan tidak terburu-buru serta tetap memperhatikan barang bawaan pribadi termasuk anak dibawah umur agar tetap berada dibawah pantauan orang tuanya. Seluruh himbauan untuk penumpang musiman agat dapat memahami ketentuan dan tata tertib menggunakan KRL akan disampaikan secara berkala diseluruh media informasi stasiun dan KRL.

 

Cegah Bahaya Vandalisme Selama Musim Liburan

Kesiapan menghadapi angkutan lebaran ini menjadi puncak dari pelayanan PT KCJ selama bulan Ramadhan dan musim libur lebaran tahun 2017. Pada bulan Ramadhan ini PT KCJ juga telah melakukan pembagian 36.000 paket takjil kepada pengguna KRL di delapan stasiun dan menggelar buka puasa bersama warga disekitar jalur rel yang tersebat di 25 titik masjid dan musholla. Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat disekitar jalur rel terhadap bahaya vandalisme. Sebelumnya kasus  pelemparan KRL  pada musim libur di bulan ramadhan cenderung meningkat. Mayoritas pelaku yang tertangkap yakni anak- anak usia SD dan SMP. Pantauan PT KCJ satu bulan terakhir ini kasus vandalisme di 25 titik rawan pelemparan tersebut jauh menurun.