Sukseskan angkutan Lebaran 2016, Unit Kesehatan PT KCJ bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan test narkoba berupa test urine bagi awak KA yang berdinas di lingkungan PT KCJ.

Pelaksanaan test urine dilakukan selama 2 (dua) hari mulai 1-2 Juli 2016 di 4 (empat) UPT Kru KA yaitu Bogor, Depok, Manggarai, dan Bekasi. Menggunakan alat Rapid Test, hasil dari test urine bisa diketahui saat itu juga.

“Kami menargetkan 100 awak KA bisa melakukan test tersebut secara random”, ujar dr. Dani Sadikin Gantana Manager Kesehatan PT KCJ.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi DKI Jakarta Safari Partodiharjo mengatakan program ini merupakan tindak lanjut atas MoU antara BNN dengan Kementerian Perhubungan yang mewajibkan seluruh awak di sektor transportasi melaksanakan test narkoba pada musim angkutan Lebaran 2016.

Menurut VP Komunikasi perusahan, Eva Chairunisa, dari 100 masinis krl yang melakukan test urine didapati hasil semuanya negatif sehingga bisa melaksanakan tugasnya masing-masing.

Test urine sendiri merupakan program rutin yang kerap dilakukan PT KCJ bersama BNN yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Program tersebut merupakan salah satu langkah PT KCJ dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan dari sisi kualifikasi awak ka yang bertugas mengoperasikan KRL.