Rendahnya minat baca masyarakat merupakan salah satu permasalahan serius yang dihadapi Indonesia. Berdasarkan studi Most Littered Nation In The World tahun 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Tingkat membaca siswa Indonesia juga berada di peringkat 57 dari 65 negara yang diteliti. Sedangkan minat baca di Indonesia hanya 0,0001 artinya hanya 1 dari 1.000 penduduk yang memiliki minat baca. Sedangkan data Perpustakaan Nasional tahun 2017 menunjukkan frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata hanya tiga sampai empat kali per minggu. Sementara jumlah buku yang dibaca rata-rata hanya lima hingga sembilan buku per tahun.

Sebagai respon atas kondisi tersebut dan bentuk upaya menumbuhkan minat baca khususnya bagi anak-anak, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mendirikan Taman Baca Inovator Si Karel yang terletak di Kampung Sukasari, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak ini memiliki luas 8.580,72 hektare yang berpenduduk sekitar 10.937 jiwa dengan jarak ke Jakarta sekitar 50 km sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Untuk pemilihan lokasi, pendirian Taman Baca Inovator Si Karel dengan luas bangunan 70 meter persegi berada di dekat jalur rel kereta sekitar Stasiun Tenjo sehingga memberikan kemudahan akses bagi anak-anak yang tinggal di lokasi tersebut. Tak jauh dari lokasi, terdapat empat Sekolah Dasar yang diharapkan bisa ikut menumbuhkan minat baca bagi siswa-siswinya.

“Pendirian Taman Baca Inovator Si Karel ini merupakan upaya PT KCI memberikan ruang untuk anak-anak yang bermukim disekitar jalur rel agar tidak bermain di area jalur kereta api dan melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya. Diharapkan Taman Baca Inovator Si Karel ini dapat menjadi media anak-anak untuk melakukan hal positif menghabiskan waktu luangnya serta menumbuhkan minat baca dan kecintaannya terhadap transportasi KRL,”ujar Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti.

Dalam pengelolaannya, PT KCI menggandeng Yayasan Taman Baca Inovator untuk mengadakan pengembangan program kegiatan serta menyediakan buku-buku yang berkualitas.

Pengelolaan taman baca inovator juga akan melibatkan remaja dan pemuda setempat untuk berkontribusi membangun Taman Baca Inovator Si Karel melalui program-program yang telah dibuat oleh PT KCI dan Yayasan Taman Baca Inovator.

Wiwik juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada aparatur setempat seperti Camat Tenjo, Kepala Desa Tenjo, jajaran Dinas Pendidikan setempat dan para Kepala Sekolah yang turut mendukung berdirinya Taman Baca Inovator Si Karel ini. “Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada keluarga Ustad Rudini yang sejak awal setuju lahannya dimanfaatkan untuk Taman Baca Inovator Si Karel,” tutup Wiwik.

Kegiatan serupa untuk menumbuhkan minat baca masyarakat sudah dilakukan PT KCI bersama Yayasan Taman Baca Inovator pada peringatan Hari Buku Sedunia pada bulan April sejak dua tahun terakhir. Kala itu, PT KCI dan Yayasan Taman Baca Inovator menggelar kampanye membaca buku serentak di KRL yang diikuti oleh 400 relawan pegiat literasi. Kegiatan ini juga akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang akan digelar oleh PT KCI.