Data KAI Commuter menunjukkan bulan November 2020 ini volume pengguna KRL mulai meningkat seiring masyarakat yang mulai kembali beraktivitas di tengah pandemi Covid-19. Sepanjang November ini, volume pengguna KRL menyentuh angka 400.000 pengguna pada hari kerja. Angka ini merupakan yang tertinggi selama pandemi Covid-19, atau sejak Maret 2020. Meskipun demikian, jumlah ini hanya sekitar 40% dibandingkan rata-rata volume pengguna KRL setiap harinya yang dilayani KAI Commuter sebelum masa pandemi.

KAI Commuter telah mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat ini dengan menambah jumlah perjalanan KRL dan mengembalikan jam operasional KRL sebagaimana sebelum pandemi. Sejak 19 Oktober 2020, KAI Commuter mengoperasikan 997 perjalanan KRL per hari dan melayani pengguna pukul 04:00 – 24:00 setiap harinya. Jumlah perjalanan tersebut lebih banyak dibanding sebelum pandemi dimana KAI Commuter mengoperasikan 975 perjalanan setiap harinya. Penambahan jumlah perjalanan dan normalisasi jam operasional tersebut diharapkan membuat para pengguna KRL lebih leluasa dalam merencanakan perjalanan sehingga dapat menghindari jam-jam sibuk dimana pengguna cukup padat.

Namun pada bulan November ini, pergerakan para pengguna masih terfokus di jam-jam sibuk. Data KAI Commuter pada Senin 11 November 2020 memperlihatkan pergerakan pengguna terpusat pada rentang waktu 07:00 dan 08:00 dimana lebih dari 72.000 pengguna menggunakan KRL pada dua jam tersebut. Sementara di sore hari, mobilitas pengguna terkonsentrasi pada pukul 18:00 WIB dengan jumlah lebih dari 40.000 pengguna dalam kurun waktu satu jam.

Guna menghindari kepadatan pada jam sibuk, KAI Commuter mengajak masyarakat yang kembali beraktivitas menggunakan KRL untuk memanfaatkan fleksibilitas jadwal dengan bepergian di luar jam-jam sibuk tersebut. KAI Commuter juga berharap berbagai pihak melanjutkan metode pengaturan jam kerja sesuai shift agar mobilitas para pekerja dapat terbagi dalam rentang waktu yang bebeda-beda. Jam kerja bertahap atau sesuai shift juga lebih dimungkinkan dengan operasional KRL yang telah kembali normal.

Untuk menghindari kepadatan di stasiun-stasiun pada jam sibuk, pengguna juga dapat melihat informasi kondisi antrean di stasiun melalui aplikasi KRL Access yang tersedia untuk penguna ponsel Android maupun iOs. Selain itu pada aplikasi ini pengguna juga dapat melihat posisi terkini kereta yang hendak dinaiki, jadwal kereta, dan sejumlah informasi terkait lainnya.

KAI Commuter juga hendak mengingatkan kembali bahwa seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10:00 hingga 14:00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama.

KAI Commuter juga mengingatkan pengguna agar bersiap memasuki musim penghujan dan membawa perlengkapan tambahan saat hendak keluar rumah antara lain jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin. Ingat juga untuk memeriksa prakiraan cuaca harian sebelum beraktivitas. Prakiraan cuaca dapat dilihat di twitter @commuterline setiap pagi hari, maupun di berbagai akun sosial media dan situs web Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).