KAI Commuter sebagai salah satu anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (persero) terus memperketat protokol kesehatan dalam layanannya di masa Libur Lebaran tahun 2021 ini. Layanan dan penerapan protokol kesehatan di stasiun maupun Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek juga mendapat perhatian khusus dari Komisaris Utama PT KAI KH Said Aqil Siradj.

Komisaris Utama PT KAI ikut mengawasi langsung layanan dan penerapan protokol kesehatan KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai pada hari Minggu (16/5) ini. Dalam Kegiatan Bersama Direktur Utama dan jajaran direksi KAI maupun KAI Commuter, Komisaris Utama KAI mengapresiasi perbaikan dari segi protokol kesehatan yang diterapkan untuk naik KRL.

“Dalam menjalankan operasional kereta di masa pandemi ini, KAI dan KAI Commuter patuh kepada aturan yang disampaikan oleh pemerintah dan berbagai evaluasi baik dari Kementerian Perhubungan, Satgas, juga pengguna kami terima sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan kebijakan. Dengan demikian PT KAI berkomitmen melakukan upaya-upaya untuk tetap menjaga protokol kesehatan baik di atas kereta maupun stasiun dalam rangka menjalankan misi Pemerintah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” ucap Komisaris Utama KAI.

“Saya apresiasi kerja keras dari manajemen dan petugas untuk menambah layanan dan memperketat protokol kesehatan pada masa Libur Idul Fitri. Saya harap para petugas tetap menjaga semangatnya karena sesungguhnya kerja keras yang kita lakukan dalam melayani masyarakat di hari raya ini bukan hanya menjalankan tugas tapi juga menjadi bentuk amal ibadah kita,” lanjut Said Aqil.

Ia juga mengajak para pengguna KRL untuk mengikuti dengan baik protokol kesehatan yang berlaku, termasuk tes antigen secara acak kepada para pengguna. “Demi kesehatan dan keselamatan bersama para pengguna KRL, saya mohon untuk dapat mengikuti arahan dari petugas kami terkait protokol kesehatan. Termasuk bila diminta mengikuti tes antigen agar tidak perlu ragu-ragu, karena ini adalah upaya kita bersama untuk memastikan kesehatan para pengguna,” ungkap Komisaris Utama KAI.

Sementara itu Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyampaikan bahwa selama masa Libur Lebaran yang dimulai 6 Mei lalu, KRL Jabodetabek telah melayani 3.209.857 pengguna atau rata-rata 320.985 orang setiap harinya. “Angka tersebut di bawah rata-rata pengguna KRL di hari-hari biasa yang pada April lalu misalnya, rata-rata melayani 396.356 orang per hari dan mencapai 420.000 di hari kerja. Sehingga meskipun masih ada pergerakan, mobilitas masyarakat dengan KRL selama Libur Idul Fitri ini sudah berkurang,” jelas Didiek.

KAI juga mendukung penuh layanan KRL Jabodetabek dengan menyediakan tes antigen gratis secara acak bagi pengguna. Selain itu KAI mengerahkan petugas dan jajaran manajemen untuk membantu layanan di stasiun-stasiun KRL.” Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak baik itu dari Kementerian Perhubungan, pemerintah di daerah-daerah yang dilalui KRL, serta TNI dan Polri dalam menjaga pergerakan masyarakat dengan menggunakan KRL,” tambah Didiek.

KAI Commuter selama masa angkutan idul fitri ini telah melakukan penambahan perjalanan KRL sehingga mencapai 900 perjalanan kereta per harinya. Walaupun volume penumpang kami turun, penambahan ini untuk memaksimalkan jaga jarak pengguna jasa. KAI Commuter juga mengingatkan kepada para pengguna bahwa hari Senin besok (17/5) masih merupakan masa pembatasan mobilitas masyarakat selama libur Idul Fitri.

“Untuk itu kami mengimbau masyarakat yang Senin akan mulai kembali bekerja secara rutin dapat memanfaatkan layanan KRL pada hari Minggu ini untuk kembali ke lokasi aktivitas rutinnya agar terhindar dari potensi kepadatan pada Senin pagi usai libur panjang ini,” ucap Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari.

KAI Commuter mengajak para calon pengguna agar selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan baik di stasiun ataupun KRL. Tetap Patuhi aturan menggunakan masker, mencucui tangan dan mematuhi marka baik di stasiun ataupun KRL untuk menjaga jarak. Follow @commuterline di twitter dan Instagram untuk informasi terbaru layanan KRL. Pengguna juga dapat menghubungi 021-121 24 jam untuk pelayanan KRL.