Setelah merampungkan pembangunan Stasiun Shelter Matraman oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) yang mulai dibangun sejak tahun 2016 lalu, Minggu (19/6), dilaksanakan soft launching pengoperasian Stasiun Shelter Matraman oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian ini merupakan pembangunan proyek strategis pemerintah yaitu proyek Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai – Cikarang. Pada Jumat (17/6) kemarin, KAI Commuter bersama DJKA dan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan ujicoba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman ini. Diharapkan Stasiun Shelter Matraman ini dapat menjadi alternatif pagi pengguna selain Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatonegara, diharapkan juga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyakarat, terintegrasi dengan antar moda ; Trans  Jakarta, Angkutan perkotaan, ojek daring dll..

Dua hari setelah dilakukan ujicoba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman, tercatat total volume pengguna KRL yang naik di Stasiun Shelter Matraman sejumlah 1.134 orang. Sedangkan total volume pengguna yang turun di Stasiun Shelter Matraman sejumlah 1.380 orang. Untuk volume pengguna hari ini hingga pukul 16.00 WIB tercatat jumlah pengguna yang naik sebanyak 337 orang dan yang turun sebanyak 487 orang.

Sementara itu, untuk rata-rata total volume pengguna KRL minggu lalu pada hari kerja tercatat sebesar 640.492 orang, dengan jumlah volume pengguna tertinggi pada Senin 13 Juni kemarin yaitu sebanyak 655.638 orang. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna KRL pada akhir minggu sebesar 518.031 orang, angka tersebut lebih rendah 19% dibanding dengan rata-rata volume pengguna pada hari kerja.

Saat ini, KAI Commuter juga mengoperasikan sebanyak 1.054 perjalanan KRL tiap harinya. Persebaran pengguna KRL pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00 – 09.00 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 19.00 WIB. Bagi pengguna KRL yang akan kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja esok hari, diimbau dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini dengan memanfaatkan kondisi KRL yang lengang.

Diharapkan dengan adanya soft launching pengoperasian Stasiun Shelter Matraman ini, layanan bagi masyarakat pengguna kereta api khususnya pengguna KRL akan semakin nyaman dan dimudahkan dalam menggunakan transportasi kereta api. Sebagai informasi, jumlah perjalanan KRL yang melewati Stasiun Shelter Matraman sebanyak 169 perjalanan.

KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun. Untuk informasi jadwal perjalanan dan posisi KRL serta informasi kepadatan stasiun dapat di akses melalui aplikasi KRL Access atau sosial media @commuterline.